Skip navigation

Sekilas tentang artikel pilihan

Artikel pilihan (disingkat:AP) adalah artikel yang ditampilkan di halaman utama Wikipedia, yang menjadi cermin tingkat kualitas artikel di Wikipedia bahasa Indonesia.

Proposal ini berisi prosedur baru untuk:

  1. Menentukan tugas, tanggung jawab, dan wewenang pembina artikel pilihan
  2. Penentuan artikel pilihan
  3. Penjadwalan artikel pilihan

Sebab

Sebelumnya, syarat-syarat untuk menjadi artikel pilihan adalah:

  1. Artikel harus netral dan tidak bersifat kontroversial.
  2. Artikel harus ditulis dengan rapi dengan menggunakan gaya bahasa yang baik.
  3. Artikel harus cukup panjang dan bukan merupakan artikel rintisan. Artikel harus memuat paling tidak minimal 1.000 kata.

Namun, kriteria ini akan ditambah untuk disesuaikan dengan keinginan pengguna WBI dengan beberapa pemilihan kriteria-kriteria baru.

Proses penentuan baru

Proses penentuan artikel pilihan yang baru adalah dengan pengguna mengusulkan suatu artikel menjadi artikel pilihan, misalnya seorang pengguna mengusulkan artikel “A”, sebelumnya, pengguna memastikan bahwa artikel tersebut sudah memenuhi semua kriteria artikel pilihan, dan pengguna memberi alasan mengapa ia menetapkannya. Untuk mendukung atau menentang, di halaman Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan, sehingga dapat tercapai konsensus yang jelas.

Proses yang lama dirasakan kurang, karena artikel pendek dan kurang berkualitas bisa masuk menjadi kandidat artikel pilihan, contoh Indische Vereeniging yang pernah lolos (untungnya dibatalkan) sehingga diusulkan untuk memperbaharui proses baru.

Kriteria baru

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: Wikipedia:Kriteria artikel pilihan

Suatu artikel pilihan mencerminkan hasil karya terbaik Wikipedia dan menampilkan standar profesional penulisan dan presentasi. Di samping harus memenuhi semua kebutuhan standar bagi artikel Wikipedia, artikel-artikel pilihan haruslah:

  1. Ditulis dengan baik, komprehensif, memiliki fakta akurat, netral, dan stabil
    • Ditulis dengan baik” berarti bahwa prosanya menarik, bahkan luar biasa.
    • Komprehensif” berarti bahwa artikel membahas semua fakta dan detil utama. Dan tidak memiliki pranala merah yang terlalu banyak.
    • Fakta akurat” berarti bahwa pernyataan-pernyataan dapat dipastikan ke sumber terpercaya dan secara akurat merepresentasikan materi pengetahuan yang terpublikasi. Pernyataan didukung dengan bukti spesifik dan kutipan luar (lihat pemastian dan sumber terpercaya); ini mencakup pengisian bagian “Referensi” yang mencantumkan sumber, dilengkapi dengan kutipan dalam badan artikel. Lihat mengutip sumber untuk informasi kapan dan bagaimana referensi dapat diberikan dan untuk saran pemformatan referensi; bentuk catatan kaki dianjurkan untuk ini.
    • Netral” berarti bahwa artikel mewakili pandangan secara adil dan tanpa bias (lihat sudut pandang netral); namun, artikel tidak harus memberikan liputan terhadap pandangan minoritas secara berimbang.
    • Stabil” berarti bahwa artikel bukan merupakan bahan perang suntingan dan bahwa isinya tidak berubah secara berarti dari hari ke hari; pembalikan vandalisme dan pengembangan berdasarkan usulan peninjau tidak termasuk dalam pengertian ini.
  2. Sesuai dengan standar yang diatur dalam pedoman gaya dan ProyekWiki yang sesuai, termasuk:
    • Bagian pembuka yang menyimpulkan seluruh topik dan menyiapkan pembaca untuk detil lebih lanjut dalam bagian-bagian berikutnya;
    • Sistem hirarki judul yang baik; serta
    • Bagian daftar isi yang cukup tapi tak berlebihan (lihat bantuan bagian);
  3. Memiliki gambar yang tepat untuk subyek, dengan keterangan gambar yang mencukupi dan status hak cipta yang dapat diterima.
  4. Memiliki panjang yang pantas, tetap fokus pada topik utama tanpa terlalu menggali detil yang tak perlu (lihat gaya ringkasan).

Kriteria baru

Kriteria dirubah menjadi lebih ketat, khususnya dalam hal keakuratan artikel, dengan ditambahkannya poin-poin yang mengatur bahwa artikel harus disertai dengan referensi yang jelas, beserta catatan kaki yang mengutip sumber.

Kriteria diatur di Wikipedia:Kriteria artikel pilihan

Proses penjadwalan baru

Pendjadwalan artikel pilihan adalah urutan jadwal artikel pilihan yang telah ditentukan melalui proses penentuan. Proses penjadwalan baru dirasakan penting karena agar sesuai dengan keinginan pengguna, misalkan pengguna ingin tematik

Pembina pemilihan artikel pilihan

Untuk memimpin proses pemilihan, akan komunitas akan menunjuk 1 sampai 3 orang “pembina pemilihan artikel pilihan”. Para pembina ini adalah pengguna apapun yang dirasakan memiliki dedikasi dan tingkat kehadiran yang tinggi untuk memfasilitasi pemilihan artikel pilihan.

Tugas utama mereka adalah:

  1. Meratifikasi hasil konsensus pengusulan artikel pilihan
  2. Meratifikasi hasil konsensus penjadwalan artikel pilihan
  3. Mengatur jadwal artikel pilihan
  4. Pengarsipan hasil diskusi pengusulan dan penjadwalan
  5. Memutakhirkan halaman utama artikel pilihan

Tugas lain mereka yang dapat dilakukan oleh pengguna aktif lain adalah:

  1. Memberikan templat status yang sesuai pada halaman pembicaraan kandidat artikel pilihan
  2. Membuat templat paragraf pembuka dan foto yang akan ditampilkan di halaman utama
  3. Memberikan templat bintang dan templat bintang interwiki
(NB: saat ini ada kerancuan antara penggunaan bintang emas dan bintang kuning. Kunjungi halaman pembicaraannya)bennylin(-_-)V 06:20, 29 November 2007 (UTC)

Prosedur pengusulan

Untuk memudahkan pengusulan dan penilaian, telah dibuat prosedur pengusulan yang jelas. Siapapun dapat mengusulkan suatu artikel menjadi artikel pilihan. Penilaian dilakukan oleh seluruh pengguna aktif, dan keputusan akan diambil oleh “pembina pemilihan artikel pilihan” berdasarkan konsensus. Artikel yang berhasil mendapatkan status artikel pilihan akan diberikan bintang di kanan atasnya.

Prosedur pengusulan diatur di Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan

Prosedur penjadwalan

Artikel yang berhasil diusulkan menjadi artikel pilihan memiliki kesempatan untuk ditampilan di halaman utama. Pengguna dapat mengusulkan penjadwalan artikel sesuai tanggal-tanggal yang tersedia. Usulan penjadwalan akan didiskusikan dengan pengguna lainnya, dan keputusan akhir akan ditentukan oleh pembina, sesuai konsensus.

Jadwal diatur di Wikipedia:Artikel pilihan/Jadwal
Usulan dilihat di Wikipedia:Artikel pilihan/Jadwal/Usulan

Peninjauan ulang

Dengan adanya kriteria baru, pengguna dapat meminta peninjauan ulang terhadap artikel-artikel yang menjadi artikel pilihan sebelum disetujuinya proposal ini. Artikel-artikel tersebut akan dinilai ulang, dan bila ternyata tidak memenuhi kriteria, dapat dicabut status artikel pilihannya.

Halaman utama artikel pilihan

Halaman utama artikel pilihan akan dirombak untuk hanya menampilkan pengertian artikel pilihan dan daftar artikel yang sudah mendapatkan status artikel pilihan. Dikarenakan jadwal dan kriteria sudah memiliki halamannya tersendiri.

Artikel bagus

Artikel-artikel berkualitas yang tidak memenuhi kriteria artikel pilihan dapat diusulkan menjadi artikel bagus (AB). Bila proposal ini disetujui, artikel bagus juga akan memiliki kriteria dan prosedur yang baru. Prosedur baru pengusulan artikel bagus sama dengan artikel pilihan, namun artikel bagus memiliki kriteria yang lebih longgar. Selain itu, artikel bagus tidak bisa dijadwalkan untuk ditampilkan di halaman utama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: